KPU Siapkan Pelantikan Jokowi-JK ----- Pertamina Upayakan Solar Dan Premium Cukup Sampai Akhir Tahun

Nusantara

BPJS Kesehatan Berjalan, Tenaga Medis Puskesmas Kota Blitar Dioptimalkan

Blitar, Info Publik - Pada tahap awal pelaksanaan BPJS Kesehatan tahun ini, pemerintah akan memaksimalkan terlebih dulu keberadaan sarana, prasarana 3 puskesmas yang tersebar di 3 kecamatan se-Kota Blitar sebagai fasilitas publik di bawah kendali pemerintah. Apalagi puskesmas merupakan layanan kesehatan primer yang bisa menjadi pusat rujukan masyarakat.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Suprayogi, (Dinkes) Kota Blitar belum lama ini menjelaskan, di antara sarana yang harus dimaksimalkan termasuk ketersediaan tenaga medis yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan pasien, meliputi tenaga dokter, perawat dan bidan.

“Dipastikan dengan pemberlakuan BPJS Kesehatan, semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan kesehatan gratis di puskesmas. Sementara secara bertahap segala kekurangan baik tenaga medis dan sarana kesehatan akan dievaluasi selama program ini berjalan,” katanya.

Untuk masyarakat miskin Kota Blitar yang belum terakomodasi ke dalam dua program, menurutnya, baik Jamkesda dan Jamkesmas yang saat ini terintegrasi dalam BPJS Kesehatan, Pemkot Blitar tetap akan memfasilitasi Gakin bersangkutan melalui penerbitan Surat Pernyataan Miskin (SPM) yang berlaku secara terbatas. (MC Kota Blitar/Kus)