Ketua MK: UU Pilkada Dapat Berlaku Tanpa Persetujuan Presiden --- PAD Kuantan Singingi Sektor Pertambangan Tereliasasi 56 Persen --- Pengumpulan Dana PMI Lampaui Target --- Tifatul Luncurkan Aplikasi Elektronik Perkantoran

Nusantara

Pemkot Bandung Canangkan Sejuta Sumur Biopori

Bandung, InfoPublik - Pemerintah Kota Bandung kembali meluncurkan program sejuta sumur biopori yang ditargetkan akan terwujud awal Desember mendatang. Sumur biopori berfungsi untuk membersihkan gorong-gorong dan menurunkan volume air yang akan turun ke jalan.

"Ini upaya kita untuk mewujudkan kebersihan di Kota Bandung. Selain itu, sumur biopori ini juga bisa meningkatkan kualitas air tanah," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (4/11).

Untuk memenuhi target tersebut, pemkot akan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kebetulan TNI memiliki program yang bernama Gerakan TNI masuk Kampung.

"Kita akan bekerja sama dengan TNI untuk membuat sejuta sumur biopori. Nantinya anggota TNI akan membantu warga dalam membuat sumur biopori. Selain itu, juga akan dibantu relawan biopori yang akan diberi rompi hijau yang juga untuk relawan lingkungan," ujarnya.

Dijelaskannya, pihaknya menargetkan setiap RT bisa membuat 100-120 sumur biopori. Dengan jumlah RT sekitar 9.600, maka jumlah 100-120 per RT bisa memenuhi target sejuta sumur biopori.

"Jika dihitung kembali, maka setiap rumah akan dibuatkan sebanyak 3 sumur biopori. Jadi sejuta sumur biopori bisa diwujudkan pada awal Desember mendatang," terangnya.

Untuk itu, pihaknya meminta partisipasi dari aparat kewilayahan dan masyarakat Kota Bandunhg. Karena tanpa bantuan masyarakat, progam ini akan sulit terwujud. "Program ini tidak akan lepas dari partisipasi aparat kewilayahan dan warga Kota Bandung secara keseluruhan," ucapnya. (MC. Kota Bandung/kgm/pw/toeb)