Dubes Amerika Puji Kepala Daerah Peduli Disabilitas --- Sambut Presiden RI Baru, Muba Ucapkan Selamat --- Ditemukan Penyakit Marbug Di Uganda --- Riau Bisa Miliki Dua Wagub

Nusantara

Intergrasi Sawit Dan Sapi Di Maredan Digalakkan

Siak, InfoPublik - Integrasi sawit dan perternakan sapi kini mulai digalakkan  di Desa Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Intergrasi sawit dan peternakan saling memberikan manfaat. Dimana petani sawit bisa memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk, begitu juga sebaliknya peternak bisa memanfaatkan daun sawit untuk pakan ternak.

Kepala Desa Maredan Barat  Aljufri S Sos menyampaikan, mayoritas penduduk di Maredan Barat merupakan perkebun sawit, namun produksi sawit diperkirakan mengalami penurunan mengingat pohon sawit yang ada sudah berusia di atas 10 tahun.

"Untuk mengatasi persoalan tersebut disaat produksi sawit menurun, maka budidaya sapi digalakkan dan prospek peternakan tersebut cukup bagus sekali," jelasnya.

Dia menilai peternakan sapi di Maredan Barat cukup bagus, intergrasi antara ternak dan tanaman perkebunan serta petanian dapat dilakukan. Saling memberikan manfaat masing-masing dan ini sudah ada yang melakukan.

Namun yang menjadi kendala saat ini, lanjut Jufri, masih belum banyak warga yang mengembangkan budidaya ternak sapi, mengingat harga perekor sapi cukup mahal. Untuk itu dia berharap, adanya bantuan dari pemerintah maupun pihak perusahaan ternak sapi untuk masyarakat Maredan Barat.

"Mayoritas masyarakat bekerja sebagai perkebun sawit. Namun tentunya pohon sawit itu akan mengalami penurunan produksi, maka masyarakat harus sudah siap mencari pendapatan lain selain sawit. Saat ini peternakan dan holtikultura yang dilirik warga," paparnya.(MC Riau/Kus)

 

 

Polling

Bagaimana pendapat Anda atas informasi yang kami berikan melalui website ini?