KPU Siapkan Pelantikan Jokowi-JK ----- Pertamina Upayakan Solar Dan Premium Cukup Sampai Akhir Tahun

Nusantara

Dikda Kota Blitar Terus Siapkan Rintisan Sekolah Gratis


Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar melakukan sejumlah persiapan sebelum program rintisan sekolah gratis 12 tahun di Kota Blitar terealisasi. Diantara langkah yang dilakukan sebelum dana dengan sasaran siswa-siwi mulai tingkatan SD/MI, SMP, MTs hingga SMA, MA dan SMK baik negeri maupun swasta yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Blitar ini cair, telah dilakukan sosialisasi program ke kepala sekolah dan madrasah serta Bimbingan Tehnik (Bimtek). Bimtek dilakukan di Aula Dinas pendidikan selama dua hari, Selasa hingga Rabu, 14 hingga 15 Juni 2011 lalu. Sehingga saat ini baik Dinas Pendidikan hingga masing–masing lembaga sekolah sudah siap dalam proses pencairan hingga penggunaan dana yang totalnya sekitar Rp. 9,4 millyar.

Damanhuri, Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidiikan Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa (21/6) mengatakan, saat ini pencairan dana masih dalam proses, diperkirakan sekitar satu minggu lagi dana sudah bisa masuk ke rekening sekolah atau madrasah masing-masing. Dengan tehnis pencairan melalui rekening setiap sekolah, atas nama sekolah atau madrasah bukan atas nama kepala sekolah ataupun guru. Proses pengiriman dana dari Kasda langsung ditransfer ke rekening sekolah, sehingga Dinas Pendidikan tidak memegang dana sama sekali. 

Lebih lanjut Damanhuri memastikan, setiap lembaga sekolah atau madrasah siap merealisasikan dana ini, karena sudah dibekali melalui Bimtek yang melibatkan bendahara sekolah. Dalam bimbingan tehnik itu dibekali tentang cara penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai pedoman yang ditentukan. Sehingga pihaknya yakin perjalanan pencairan hingga penggunaan  anggaran bisa berjalan dengan baik.(MC Kota Blitar)